Tracking Stasiun Cipeundeuy - Jembatan Ciherang dan Cibeunying



Oke Sahabat Railfans,kali ini saya akan menceritakan hunting di sekitaran stasiun Cipeundeuy,sebelumnya saya akan memberitahu dulu tentang Stasiun Cipeundeuy.Stasiun Cipeundeuy adalah stasiun kereta api yang masuk dalam wilayah DAOP 2 Bandung dan berlokasi di Kampung Cinagara kecamatan Malangbong kabupaten Garut yang memiliki Ketinggian ,stasiun Cipeundeuy memiliki 3 jalur dan memiliki bekas menara air,stasiun ini dibilang unik karena stasiunnya kecil tapi semua kereta api dari kelas Eksekutif sampai Ekonomi berhenti normal di Stasiun Cipeundeuy nah unik kan,di Sekitaran stasiun cipeundeuy banyak spot hunting yang bagus untuk memotret Kereta Api dengan latar pemandangan alam bumi Priangan Timur yaitu diantaranya Tiber Setelah stasiun Cipeundeuy arah ke Stasiun Bumiwaluya,Jembatan Cimacan,Jembatan Cibeunying,Jembatan Ciherang.


Oke langsung saja saya menceritakan ekspedisi hunting saya di Cipeundeuy,Ekspedisi hunting ini saya laksanakan waktu itu tgl 30-31 Desember 2013 Start dimulai saya dari Stasiun Jakarta kota naik KA 142 Serayu Pagi dan setelah menempuh perjalanan sekitar 6 jam saya sampai juga di Stasiun Cipeundeuy .Sesampainya saya disana tak lama kemudian KA 145 Kutojaya Selatan datang dari arah Cirahayu untuk berhenti normal dan silang dengan KA 142,saya langsung memotret KA 142 di deket sinyal keluar Stasiun Cipeundeuy setelah mendapatkan gambarnya saya langsung bergegas untuk keatas jembatan yang ada di sisi kanan stasiun Cipeundeuy,tak lama kemudian sinyal keluar mengangkat dan memberi tanda bahwa Ka 145 aman dan siap beraxgkat menuju Kiaracondong saya bersiap siap membidiknya dengan kameraku.setelah dapat foto KA 145 saya memutuskan untuk ke Tiber Cipeundeuy untuk mengabadikan KA Argo Wilis dari Surabaya Gubeng menuju bandung,saya mencari tempat yang cocok untuk Memotret KA Argo wilis akhirnya memutuskan untuk memotret diatas bukit,pas sampai diatas bukit tiba tiba hujan turun deras untung saya bawa payung sambil menunggu akhirnya datang juga yang ditunggu tunggu setelah selesai saya turun dan pindah ke bukit yang satunya untuk memotret KA Malabar dari arah Bandung menuju malang,pas di bawah tiba tiba sinyal masuk mengangkat tanda KA Malabar mau masuk stasiun Cipeundeuy,saya langsung lari naik bukit untuk mengambil spot/titik potret di atas bukit,tidak lama kemudian KA malabarpun nongol dengan kecepatan rendah,setelah lewat sayt turun dari bukit dan menuju ke stasiun karena hari sudah gelap,di Stasiun saya ijin ke Kepala Stasiun untuk menginap semalam di Stasiun dan beliau mengijinkan serta menyarankan saya untuk tidur di mushola karena diluar udaranya sangat dingin,keesokan harinya saya bangun tidur sekitar jam 4 pagi,langsung cuci muka, wudhu dan sholat terus abis sholat saya sarapan diwarung sebelah stasiun cipeundeuy makanan yang diwarung harganya lumayan murah walaupun porsinya sedikit dan saya sempat bertanya kepada penjaga warung tersebut tentang jarak dari stasiun cipeundeuy ke jembatan ciherang,beliau mengatakan katanya sekitar 3 kilo dari stasiun aksesnya bisa naik ojeg
,setelah cukup mendapatkan informasi saya memutuskan untuk Tracking saja karena lebih menantang adrenalin saya dan tentunya akan menambah pengalaman saya.oke saya mulai tracking dari stasiun Cipeundeuy berangkat jam 05,30,saya berangkatnya pagi karena mengejar waktu mencapai Jembatan Ciherang untuk memotret KA Pasundan .saya berjalan kurang lebih 3 km untuk mencapai ke Jembatan Ciherang dan melewati 2 jembatan yaitu jembatan Cimacan,Jembatan,Cibeunying track untuk menuju jembatan ciherang dari stasiun cipeundeuy menurun oleh karena itu kecepatan kereta apinya pelan jikalau melewati track ini.perjalanan saya ke jembatan ciherang kurang lebih memakan waktu 45 menit setelah sampai di jembatan ciherang saya langsung mencari posisi untuk memotret KA Pasundan dari arah Bandung kebetulan cuaca di sekitar jembatan ciherang gerimis jadi tanah agak lembek dan baju mudah kotor ketika mau mengambil posisi untuk memotret.tidak lama kemudian KA Pasundan Liwat di Jembatan Ciherang




Setelah dapat foto KA Pasundan Di Jembatan Ciherang saya balik ke stasiun cipeundeuy dan sekalian hunting ke Jembatan Cibeunying untuk memotret KA Lodaya Pagi dari arah Bandung.di jembatan Cibeunying saya mengambil posisi hunting diatas bukit karena pemandangan dari atas bukit sangat indah namun untuk ke atas bukit saya harus mendaki jalan tanah setapak yang licin karena habis hujan .tak lama kemudian KA Lodaya Pagi datang.
dan setelah selesai memotret KA Lodaya Pagi saya langsung turun dari bukit dan melanjutkan ke Stasiun Cipeundeuy


Sesampainya di Sinyal Masuk Stasiun Cipeundeuy sinyalnya ngangkat pertanda KA Argo Wilis akan masuk Stasiun Cipeundeuy saya langsung bersiap siap untuk memotret KA Argo wilis dari Tiber Cipeundeuy setelah KA Argo Wilis Datang dan saya selesai memotretnya saya langsung berjalan menuju stasiun.Di stasiun saya makan terlebih dahulu diwarung sambil nunggu KA Serayu Pagi dari Purwokerto untuk saya naikin menuju Padalarang.setelah makan saya pamitan samd petugas stasiun yaitu PPKA sama PKD didepan Ruang PPKA sambil ngobrol ngalor ngidul hehehe...Setelah beberapa jam menunggu akhirnya KA 141 Serayu pagi datang dan saya naik nantinya saya turun di Padalarang untuk tahun baruan di Bandung sama temen RF Daop 2 BD dan sekalian Tracking Petak Padalarang - Tagogapu.

Hisorical

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 comments:

  1. Bagus. Pengen nginap di cipendeuy

    BalasHapus
  2. Sholeh BD. Nginep ngk kdinginn? Dlu waktu SMA th 95, pernah bolos trus naik ka pupuk dr st kiaracondong k st banjar. Balik lg mlm jm 1 an nunggu brsilang d st cipeundeuy,dingin skli.

    BalasHapus